Manfaat Sirih Merah Untuk Penyakit TBC

Manfaat Sirih Merah Untuk Penyakit TBC,– penyakit TBC atau Tuberkulosis adalah salah satu jenis penyakit menular yang sangat berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini bisa menyerang semua bagian tubuh manusia namun 90% bakteri ini menyerang organ paru-paru.

Manfaat Sirih Merah Untuk Penyakit TBC

Sekilas Tentang Penyakit TBC

Penyakit TBC merupakan satu masalah kesehatan yang besar bagi negara berkembang termasuk Indonesia, diperkirakan 95% penderita penyakit TBC berada di negara berkembang. Penderita penyakit TBC ini terjadi pada mereka yang berusia produktif yaitu pada usia 15-50 tahun.

Diperkirakan dari setiap 100.000 penduduk Indonesia 130 orang diantaranya menderita penyakit TBC paru-paru yang sangat menular. Penyakit TBC menjadi masalah sosial sebab sebagian besar penyakit TBC ini adalah kelompok kelompok ekonomi lemah, usia kerja produktif dan tingkat pendidikan yang rendah.

Selain itu, masalah lain dari penyakit ini yaitu pengobatannya memerlukan waktu yang cukup lama, untuk pengobatan awalnya saja memelukan waktu selama 6 bulan. Selama pengobatan tersebut, si penderita di anjurkan untuk meminumnya secara teratur dan sampai habis.

Sebab, apabila si penderita meminum obat secara tidak teratur atau tidak habis, maka akan mengakibatkan terjadinya kekebalan ganda bakteri Mikrobacterium tubercolosis terhadap obat anti tuberkulosis, yang akhirnya membuat si penderita harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk pengobatannya.

Seseorang yang mengalami penyakit TBC biasanya akan mengalami gejala batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih. Pada tahap selanjutnya, batuk yang terjadi akan di sertai dengan keluarnya darah.Selain itu, gelaja lain yang timbul yaitu sesak napas dan nyeri pada dada, nafsu makan berkurang, berat badan menjadi turun, badan mejadi lemas, demam, berkeringat di malam hari.

Penyakit TBC dapat diobati tanpa menggunakan obat medis, tetapi juga dapat diobati menggunakan tanaman herbal yaitu dengan menggunakan sirih merah.

Sirih merah adalah tanaman herbal asli Indonesia, tanaman ini juga sudah banyak di kenal oleh masyarakat akan manfaatnya untuk mengatasi mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti keputihan, menghilangkan bau mulut, obat kumur, dan mengatasi penyakit TBC.

Sirih merah memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit TBC dikarenakan memiliki kandungan senyawa kimia, seperti :

  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Polevonolad
  • Tanin
  • Minyak atsiri

Senyawa flavnoid dan polevonolad pada sirih merah memiliki sifat sebagai antioksidan, anti bakteri dan anti inflamasi. Dengan adanya kandungan anti bakteri tersebut, membuat sirih merah dapat membantu menghambat perkembangan dan penyebaran bakteri TBC ke bagian tubuh lainnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat sirih untuk mengatasi penyakit TBC. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih sebagai perantara untuk menyembuhkan penyakit TBC yaitu harus mengolahnya menjadi ramuan tradisional. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengolah sirih merah menjadi ramuan tradisonal untuk menyembuhkan penyakit TBC :

Bahan-bahan
Sebelum membuat ramuan, pertama harus menyiapkan dulu bahan-bahannya, diantaranya :

  • 6 lembar daun sirih merah yang masih segar
  • 3 Gelas air

Pembuatan
Setelah menyiapkan beberapa bahan diatas, baru masuk ke dalam proses pembuatan, caranya yaitu :

  • Rebus daun sirih dengan 3 gelas air
  • Kemudian tunggu hingga mendidih hingga air tersisa 1,5 gelas
  • Setelah itu, tunggu hingga air hangat-hangat kuku
  • Setelah itu masukan saring ke dalam gelas dan minum
  • Minum ramuan tersebut sehari 3 kali

Mungkin itulah cara membuat ramuan dari sirih merah, pastinya sangat mudah untuk anda mempraktekannya. Minumlah ramuan tersebut setiap hari secara rutin.

Kandungan nutrisi yang paling banyak pada sirih merah biasanya terdapat pada daunnya. Oleh karenanya bila bagian daun pada sirih merah banyak di gunakan sebagai ramuan, baik itu di jadikan pengobatan herbal atau yang lainnya.

Selain untuk mengatasi penyakit TBC, khasiat lain dari sirih merah ini yaitu untuk mengobati kencing manis. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada sirih merah dianggap sebagai zat antidiabetes yang sangat berguna untuk mereka yang mengalami penyakit kencing manis.

Senyawa flavonoid tersebut, kemudian nantinya akan membantu dalam menurunkan kadar gula darah dengan cara mencegah terjadnya produksi glukosa yang ada di dalam hati.

Mungkin itulah penjelasan mengenai manfaat sirih merah untuk penyakit TBC. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Manfaat Sirih Merah Untuk Penyakit TBC

http://jakarta-herbal.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*